Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

5 Manfaat Terpapar Sinar Matahari

Berbagai manfaat paparan sinar matahari menjadi alasan banyak orang untuk berjemur dan olahraga di luar ruangan pada pagi hari.

Menurut penelitian, sinar matahari juga berguna untuk mengurangi risiko sklerosis multipel. Sklerosis multipel merupakan penyakit yang menyerang sistemsyaraf pusat, tepatnya di otak dan sumsum tulang belakang.

Penyakit ini bisa menyebabkan kelemahan otot, penurunan daya indra, hingga kelumpuhan.

5 Manfaat Terpapar Sinar Matahari

1. Jantung sehat.

jantung yang sehat ternyata bisa didapat jika Anda terpapar sinar matahari yang dapat membantu produksi vitamin D dalam tubuh. Untuk diketahui, kekurangan vitamin D berkaitan dengan penyakit kardiovaskular. Dengan terpapar sinar matahari, sel-sel dalam tubuh akan menjaga jantung tetap sehat karena sirkulasi darah pun berjalan lancar.

2. Meningkatkan suasana hati.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa sinar matahari dapat memicu pelepasan serotonin di otak. Pada musim dingin, banyak warga yang depresi atau mengalami gangguan afektif musimam (SAD). Menurut penelitian hal itu karena kurang mendapat sinar matahari. Ke luar rumah dan mendapat paparan sinar matahari dapat meningkatkan suasana hati dan menurunkan stres.

3. Produksi vitamin D.

Paparan sinar matahari dapat membantu tubuh memroduksi vitamin D secara alami, selain didapat oleh tubuh dari konsumsi suplemen dan makanan kaya vitamin D. Vitamin D penting untuk kesehatan tulang dan otak. Untuk mendapatkan manfaat ini, rutinlah berjalan kaki atau olahraga pada pagi hari di luar ruangan.

4. Tulang dan otot kuat.

Produksi vitamin D dalam tubuh karena bantuan dari paparan sinar matahari berguna untuk menguatkan tulang dan otot. Vitamin D akan membantu tubuh lebih banyak menyerap kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Selain itu, vitamin D dapat menurunkan risiko kram otot dan nyeri sendi.

5. Mengurangi risiko sklerosis multipel.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top