Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

4 Tips Tetap Segar Sepanjang Hari

Tipsi bawah ini katanya sudah teruji kebenarannya, jadi tak ada salahnya dicoba.

Ada beberapa tips penting agar tubuh senantiasa dapat tetap segar sepanjang hari meski pada malam sebelumnya tak cukup tidur. Cobalah terapkan empat tips berikut yang telah diuji coba berdasarkan penelitian.

4 Tips Tetap Segar Sepanjang Hari

1. Pilih sarapan tepat dan konsumsi makan siang sehat

Tak perlu menunggu hingga sampai di tempat kerja untuk sarapan. Minimal satu jam setelah bangunmerupakan waktu paling tepat untuk sarapan. Hindari mengonsumsi sereal manis, dan pilihlah makanan lebih berat dengan protein lebih banyak seperti telur atau oatmeal. Untuk siang hari, hindari konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula, sebaliknya konsumsilah makanan yang kaya akan protein.

2. Jangan menekan tombol snooze

Jika Anda memasang alarm lewat telepon genggam, jangan pernah menekan tombol snooze atau tunda. Dr Rubin Naiman, ahli tidur dari University of Arizona mengatakan bahwa waktu tidur lima atau sepuluh menit dari penundaan alarm sebenarnya memiliki kualitas yang sangat buruk.

3. Bakar energi pagi hari

"Biasanya energi yang kita dapat sepanjang hari didapat dari tidur malam, namun tak semuanya," ujar Dr. Naiman. Justru lari pagi dan tekena paparan sinar matahari alami menurutnya dapat membuat tubuh menjadi segar sepanjang hari. Namun demikian semua tergantung dari kesehatan, rekam waktu tidur, dan kebiasaan alami seseorang.

4. Kerjakan hal penting terlebih dulu

Agaknya terdengar aneh karena ketika Anda kurang tidur kemudian harus langsung menghadapi pekerjaan berat dan menuntut pikiran serta fisik. Namun ketika Anda kurang tidur, semakin siang tubuh akan makin lelah.

Maka tak salah mengerjakan tugas berat terlebih dahulu. Setelah makan siang, Anda dapat melakukan pekerjaan yang lebih mudah tanpa menuntut banyak berpikir.

sumber kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top