Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Keampuhan Keris Gembologeni

KERIS GEMBOLOGENI atau ada yang menyebutnya dengan Gembolo Agni atau Gembolo Gromo.

Tuah pusaka ini cukup tinggi, diantaranya bisa sebagai singkir baya atau menyingkirkan musibah. Banyak orang yang cocok dan merawat tosanaji ini terutama mereka yang berkecimpung di dunia militer, meskipun warga sipil pun juga bisa memeliharanya.

Perlu diketahui bahwa banya sekali tosanaji yang memiliki tuah tinggi. Oleh karena itu, keberadaannya sangatlah dicari orang-orang yang gandrung dengan tosan aji. Nah, diantara sekian banyak pusaka beryoni tinggi itu adalah Keris Gembolo Geni. Sejatinya wujud pusaka ini tidaklah sempurna benar layaknya Sengkelat atau Nogorojo.

Meski demikian, pusaka yang satu ini cukup mampu menyihir para petinggi kerajaan di masa lalu karena sawabnya yang dipercaya memang sangatlah tinggi. Salah satunya adalah bisa untuk singkir baya atau menyingkirkan musibah.

Musibah atau bencana yang terjadi di masa kerajaan dulu bukan hanya dalam bentuk peperangan atau serangan yang dilakukan oleh satu kerajaan ke kerajaan lain dengan tujuan untuk merebut wilayahnya. Akan tetapi juga ada derangan gaib seperti halnya menyebarnya wabah pageblug.

Pastinya wabah penyakit seperti ini sangatlah sulit dicarikan penangkalnya. Biasanya orang yang palin berperan dalam pemusnahan musibah seperti ini adalah seorang tabib atau dukun kerajaan yang memiliki spesialis menyingkirkan bermacam penyakit yang sedang terjadi. Sang tabib melakukan ritual khusus untuk mencari resep penanggulangannya.

Apabila sudah didapat, sang tabib akan melaporkannya pada raja yang selanjutnya dilakukan upacara atau ritual untuk mengusir wabah tersebut. Namun apabila ritual usir pageblug itu tidak mempan, maka dipakailah senjata pamungkas para raja yaitu sebilah keris. Adapun pusaka yang dipercaya memiliki tuah tinggi untuk menyingkirkan musibah atau bebaya itu, yang tak ain adalah keris Gembologeni.

Ciri-Ciri Keris Gembologeni

Sebutan lain dari keris Gembologeni adalah keris Gembolo Agni, juga ada yang menyebutnya Gembolo Gromo. Sebutan yang beragam ini hampir terjadi di setiap kerajaan, baik di masa Singosari, Majapahit maupun Kerajaan Kediri. Namun fungsinya adalah sama saja di setiap kerajaan.

PAMOR PAMILIH layak diberikan kepada keris ini karena keris gembologeni tidak semua orang bisa merawatnya. Wujud keris Gembologeni yang asli memiliki ciri-ciri sebagai berikut,

1. Pada bagian tengahnya ada sosoran yang berwujud gambar seperti binatang kala.
2. Gambar tersebut seperti ekor binatang yang sedang menyengat.

Demikianlah ciri dan keampuhan keris Gembologeni ini yang sangatlah hebat, bertuah tinggi sangat cocok untuk dunia militer maupun dipakai oleh orang-orang sipil.
Tag : Ajimat, Misteri
Back To Top