Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

7 Manfaat Ontong Pisang

Ontong pisang artinya adalah jantung pisang. Kalau ontong ini dipetik atau diputus, maka otomatis banyaknya bunga pisang akan terhenti dan sambil menunggu menjadi buah saja.

Meski sudah sering dikonsumsi sebagai sayuran, banyak orang tak tahu manfaat jantung pisang bagi kesehatan.

Nah, untuk lebih mengetahuinya, berikut 7 manfaat jantung pisang bagi kesehatan seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Mengatasi haid tidak teratur.

Makan jantung pisang dipercaya dapar memperlancar siklus menstruasi dengan cara mengatur hormon-hormon di dalam tubuh. Selain itu juga dapat mengatasi perdarahan berlebihan dan nyeri panggul yang kadang terjadi saat menstruasi bagi beberapa wanita.

2. Mengatasi anemia.

jantung pisang kaya akan zat besi yang merupakan mineral utama untuk meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan makan jantung pisang, bisa membantu mengatasi anemia atau kekurangan sel darah merah.





3. Meningkatkan produksi ASI.

Kandungan nutrisi tertentu dalam jantung pisang juga dipercaya dapat merangsang payudara mengeluarkan air susu bagi ibu yang baru melahirkan. Hal ini dapat meningkatkan produksi air susu ibu lebih banyak untuk bayi.

4. Mengatasi diabetes.

Sebuah penelitian menunjukkan, makan jantung pisang dapat menurunkan kadar gula darah yang tinggi. Dengan begitu, dapat membantu mengontrol kadar gula darah bagi pasien diabetes.

5. Menyehatkan rahim.

Kandungan berbagai macam mineral, seperti zat besi, kalsium dan tembaga dalam jantung pisang dapat memperkuat dinding rahim dan mencegah infeksi rahim. Hal ini dapat meningkatkan kesuburan seorang wanita.

6. Mengatasi sembelit.

jantung pisang kaya serat yang akan membantu pencernaan makanan di usus. Makan jantung pisang dapat membantu memperlancar buang air besar sehingga mengatasi masalah sembelit.

7. Mengurangi peradangan dan infeksi.

jantung pisang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga dapat mengurangi masalah maag, radang sendi, infeksi jamur dan mengurangi masalah peradangan dan infeksi lainnya di dalam tubuh.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top