Ayo nglestarekno Budoyo Jowo ben ora ilang Soko Bumi Nusantoro

Khasiat dan Manfaat Sayur Pare

Sudah lama pare dikenal bermanfaat untuk kesehatan. Secara tradisional pare dengan rasa pahitnya digunakan sebagai suplemen untuk membantu menurunkan gula darah.

Sayur pare memang punya penampilan tak elok. Tetapi di balik penampilan itu terdapat manfaat hebat untuk kesehatan. Kita perlu sering mengonsumsinya.

Memang masih dibutuhkan lebih banyak riset untuk membuktikan khasiat sehat pare. Namun, studi awal terhadap pare membuktikan dapat memperbaiki kadar gula darah.




Selain itu, pare juga membantu mengatasi berbagai masalah seperti konstipasi, batu ginjal, psoriasis dan penyakit lever. Dikombinasikan dengan jahe, lemon dan madu, ramuan pare bagus untuk mengatasi hangover alias pusing setelah mengonsumsi alkohol.

Pare juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, sayur ini rendah kalori dan kaya serat. Di dalamnya juga terdapat vitamin C, folat dan vitamin A.

Untuk mengurangi rasa pahitnya, kita dapat menggaraminya atau memasukkannya ke dalam air mendidih sejenak sebelum diolah. Sebelum digarami, potong pare dan buang bijinya lalu diamkan selama 10 menit. Kemudian cuci lagi dan pare siap dimasak.

Pare yang sudah dipotong dapat direbut sebentar dalam air yang sudah digarami selama dua menit.

sumber:
kompas.com
Tag : Kesehatan
Back To Top